Penelitian

Division for Applied Social Psychology Research.

penelitian

DASPR UI melakukan penelitian yang berfokus pada tema –tema di bawah ini:

  • 1. Radikalisme dan kontra ekstremisme kekerasan
  • 2. Peran wanita dalam kontra ekstrimisme kekerasan
  • 3. Proyek rehumanisasi
  • 4. Stigma sosial
  • 5. Wacana politik, media berita dan identitas
  • 6. Prasangka dan meta prasangka

Program


Program Pemberdayaan dAi Dalam dan di Luar Lapas

Merupakan program yang menyasar para narapidana kasus terorisme dan keluarganya. Program pemberdayaan ini mencakup sejumlah hal seperti, yaitu re-edukasi, konseling psikologis baik individu maupun kelompok, dan pembekalan keahlian wirausaha. Para peserta bersifat undangan sukarela dan kegiatan disajikan dalam bentuk dialog informal Selain itu, kami juga mencoba untuk meningkatkan empati para peserta sehingga mereka semakin siap dalam berinteraksi dengan siapa pun yang berasal dari latar yang berbeda. Di samping itu, pelatihan kewirausahaan bermanfaat untuk bekal guna mendukung finansial mereka, terutama di saat bebas nanti. Adapun program luar lapas berfokus pada kunjungan kepada keluarga narapidana kasus terorisme. Kunjungan dilakukan dengan bersilaturahmi ke rumah-rumah para istri guna memberikan konseling psikologis terhadap mereka.


Fostering The Effectiveness of Deradicalization Programs in The Prison (Program Asesmen dalam Lapas)

Sebuah program yang bertujuan untuk mengases atau menimbang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan CVE (Counter Violent Extremism) yang pernah dilakukan oleh lembaga pemerintah maupun swasta di dalam lapas.


Girl Ambassador for Peace (2017-2018, kolaborasi dengan AMAN dan GNWP)

Program Girls Ambassador for Peace (GA4P) merupakan sebuah program hasil kerjasama antara Global Network Women for Peace (GNWP), AMAN Indonesia dan juga DASPR Daya Makara UI. Program tersebut dilakukan di dua kota di Indonesia yaitu Lamongan dan Poso. Tujuan program ini adalah membetuk duta perdamaian di dua kota tersebut yang beranggotakan para perempuan muda yang mau berkontribusi untuk menyebarkan perdamaian di kotanya masing-masing.