Latar Belakang Tim

Division for Applied Social Psychology Research

  • 2007 – 2009

    Pendalami isu-isu terorisme dan deradikalisasi

    Sebelum didirikan pada 2 Mei 2017, anggota Tim peneliti kami pernah diikutkan dalam riset pengkajian motif aksi terror yang dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan Islam sejak 2007 lalu. Ini tak lepas dari arahan (alm) Profesor Sarlito W. Sarwono sebagai penggagas psikologi terorisme di Indonesia yang juga guru kami.

  • 2009

    Pengalaman bekerja sama dengan Pusat Studi Alquran (PSQ)

    Tahun 2009 tim peneliti kami pernah diikutkan dalam kerjasama dengan Pusat Studi Alquran (PSQ) yang waktu itu dipimpin Profesor Quraish Shihab. Saat itu dilakukanlah program pilot deradikalisasi kepadanara- pidana terorisme dan eks-kombatan yang pernah berperang di sejumlah daerah di dalam dan luar Indonesia.

  • 2011-2015

    Pengalaman dengan eks-narapidana terorisme dan kombatan

    Setelah melewati perjalanan bersama narapidana terorisme, tim kami juga terlibat dalam intervensi kepada para mantan narapidana terorisme dengan memfasilitasi mereka berdakwah sesuai kemampuan dan minat, tentunya melalui cara yang damai.

  • 2015-2017

    Re-edukasi terhadap narapidana terorisme dan para istri

    Pada 2015, tim peneliti kami pernah bersentuhan dengan narapidana berikut para keluarganya (istri dan anak). Dengan pendekatan psikologis dan pelatihan kewirausahaan, sejumlah lokakarya dilakukan di dalam lapas di Pulau Jawa dan Sulawesi. Para istri juga diajak untuk menjadi agen yang mengkampanyekan Islam yang damai.

  • 2017-SEKARANG

    DASPR: Program evaluasi kegiatan deradikalisasi dan re-edukasi di dalam dan luar lapas

    Sejak satu tahun pertama berdiri, DASPR telah menjalankan kegiatan re-edukasi di dalam dan luar lapas terhadap narapidana terorisme dan keluarganya. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan Ditjen Lapas, PPIM UIN, dan UNDP guna mengasesmen sejumlah kegiatan deradikalisasi di dalam lembaga pemasyarakatan.